Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP

MATA PELAJARAN : AQIDAH AKHLAK
SATUAN PENDIDIKAN : MADRASAH IBTIDAIYAH
MATERI : RASUL ULUL AZMI
KELAS/SEMESTER : V / 1
WAKTU : 2 X 40 MENIT (1 X PERTEMUAN)

KOMPETENSI DASAR :
Beriman kepada Rasul Allah

INDIKATOR :
Menjelaskan pengertian dan menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi

TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan kembali pengertian ulul azmi dengan bahasanya sendiri.
2. Setelah membaca kisah Rasul Ulul Azmi, siswa dapat menyebutkan 5 nama Rasul Ulul Azmi dengan benar.
3. Setelah membaca kisah Rasul Ulul Azmi, siswa dapat menjelaskan alasan diberikannya gelar ulul azmi pada Rasul-rasul pilihan dengan tepat.
4. Setelah membaca kisah Rasul Ulul Azmi, siswa dapat menunjukkan keteladanan yang patut dicontoh dari kisah tersebut dengan tepat.

MATERI POKOK :
1. Pengertian Ulul Azmi (diuraikan materinya)
2. Rasul-Rasul Ulul Azmi (disebutkan satu persatu)
3. Kisah Rasul Ulul Azmi (diuraikan kisah dari masing-masing Rasul Ulul Azmi)

SKENARIO PEMBELAJARAN :

N0 KEGIATAN LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

1

AWAL a. Guru menyiapkan kondisi siswa untuk siap belajar
b. Guru mengucap salam
c. Guru dan siswa membaca basmalah dan doa
d. Guru menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran
e. Guru memberikan appersepsi : Apakah perbedaan antara Nabi dan Rasul? Apakah tugas dari seorang Rasul?
f. Guru memberikan pretest dengan mengajukan pertanyaan : – apakah arti dari ulul azmi? Berapa orang rasul yang bergelar ulul azmi? Siapa sajakah mereka?
g. Motivasi awal

2

INTI a. Guru menjelaskan pengertian Rasul Ulul Azmi
b. Kemudian guru menyuruh siswa untuk membaca kisah Rasul Ulul Azmi dengan menggunakan strategi Information Search untuk mengidentifikasi nama-nama Rasul Ulul Azmi, alasan mereka digelari ulul azmi dan menemukan keteladanan dari kisah yang dibaca. Adapun langkah-langkah dari information Search adalah sebagai berikut :
1) Guru membuat pertanyaan tentang : siapa saja yang termasuk Rasul Ulul Azmi, mengapa mereka diberi gelar ulul azmi, dan keteladanan apa saja yang patut ditiru dari Rasul Ulul Azmi?
2) Guru memerintahkan siswa untuk menjawab pertanyaan dengan mencari jawaban dari bacaan yang diberikan.
3) Setelah siswa mendapatkan jawabannya, guru dan siswa membahas jawaban tersebut bersama-sama secara klasikal.
4) Jika ada jawaban yang kurang tepat, guru kemudian memberikan klarifikasi
c. Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari materi yang telah dijelaskan.
d. Kemudian guru menjelaskan kembali materi yang belum dipahami oleh siswa dengan memberikan penekanan pada hal-hal yang penting.

3

AKHIR a. Guru dan siswa menyimpulkan pelajaran bersama-sama.
b. Kemudian guru melakukan evaluasi secara lisan
c. Guru memberikan penilaian terhadap ketercapaian tujuan pembelajaran.
d. Guru memberikan motivasi pada siswa untuk mengulang-ulang pelajaran di rumah
e. Guru menutup pelajaran dengan membaca doa/hamdalah

STRATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Strategi : Interactive Lecturing, Information Search
2. Metode : Ceramah, Tanya jawab, resitasi

MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media : Handout
Sumber : Buku ajar (Sebutkan nama pengarang, tahun terbit, Judul buku, kota terbit dan nama penerbit)

EVALUASI
1. Prosedur : a. Evaluasi Proses (Tanya jawab, pengerjaan tugas bacaan)
b. Evaluasi Hasil
1) Pretest (TP 1 dan 2)
2) Postest (TP 1, 2, 3 dan 4)

2. Alat evaluasi : a. Jelaskan kembali pengertian ulul azmi dengan bahasamu sendiri!
b. Sebutkan 5 nama Rasul Ulul Azmi dengan benar!
c. Jelaskan alasan diberikannya gelar ulul azmi pada Rasul-rasul pilihan dengan tepat!
d. Tunjukkan keteladanan yang patut dicontoh dari kisah Rasul Ulul Azmi dengan tepat!

terima kasih atas kunjungannya...mudah-mudahan berbagai tulisan yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi pembaca. tak lupa agar silaturrahim pengunjung tetap berlanjut sudi kiranya pengunjung untuk memberikan pesan dan kesan setelah membaca tulisan yang ada di blog ini......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s