Pembelajaran multikultural

Pembelajaran multikultural adalah sebuah proses pembelajaran yang dapat membimbing, membentuk dan mengkondisikan siswa agar memiliki menta atau karakteristik terbiasa hidup ditengah-tengah perbedaan yang sangat kompleks, baik perbedaan ideologis, perbedaan sosisal, perbedaan ekonomo, dan perbedaan agama. (160-161)
Menurut Syafiq A. Mughni bahwa inti pendiidkan multikultural ada dua hal yaitu:
1. Adanya dialog secara aktif dan partisipatoris. Artinya selama proses pendidikan harus dibaiasakn dialog secara intensif dan partisipators sehingga siswa mampu mengembangkan pengetahuaannya secara bebas dan independen.
2. Adanya toleransi di antara siswa mapun antara siswa dan guru serta antara sesa guru. Tolerani ini dimaksudkan membudayakan sikap saling menghormati, menghargai adanya perbedaan baik perbedaan pendapat maupun ideologi yang dilakukan oleh guru maupun siswa.
Ciri-ciri Pembelajaran multikultural
Sebagaimana yang diungkapkan oleh Ali Maksum ciri-ciri pendidikan multicultural ada ditinjadu dari tiga aspek yaitu: aspek tujuan, mewujudkan manusia dan masyarakat beradab, aspek metode, mampu mewujudkan realitas yang demoktratis, dan aspek evaluasi, meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, maksdnya evaluasi didasarkan pada tingkah laku anak didik yang terdiri dari persepsi. Apersepsi dan tindakan terhadap budaya
Jadi berdasarkan teori di atas maka sekiranya model Pembelajaran multikultural dirancang gambaran umum sebagai berikut:
1. Proses belajar memanusiakan manusia dan belajar tidak hanya koseptual akan tetapi proses belajar itu dibangun melalui pengalaman di lapangan (kontekstual)
2. Cara kerja Pembelajaran multikultural adalah dilakukan dengan cara memberikan kesempatan munculnya ide atau gagasan dari siswa.
3. Sumber materi tidak hanya dari guru, akan tetapi berasal dari semua realitas yang ada di sekitarnya. (167-168)

Resensi M.Saekhan Muchith.Pembelajaran Kontekstual.2007

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Resensi

terima kasih atas kunjungannya...mudah-mudahan berbagai tulisan yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi pembaca. tak lupa agar silaturrahim pengunjung tetap berlanjut sudi kiranya pengunjung untuk memberikan pesan dan kesan setelah membaca tulisan yang ada di blog ini......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s