Kuliah Sansot

sekian lama aku menunggu…
untuk kedatangannmu…
(ridho roma song)

lirik di atas sangat cocok buat kami spupe yang menantikan kedatangan pak Sudarto sebab sudah tiga minggu tidak ada kabar-kabarnya mengajar, hanya saja beliau menitipkan 2 lembaran bacaan buat kami.
kemaren (selasa,23 Agustus 2011) spupe berharap dapat beliau dapat hadir untuk memberikan perkulihan terakhir, namun di luar perkiraan kami semua, hal itu menjadi hampa, ada sedikit kesal buat kami karena pasca ramadhan harus kuliah lagi…capek dech….
pak Darto seorang pengajar atau dosen di STAIN yang kemungkinan beliaullah paling senior dari dosen lainnya sebab melihat penampilannya saja sudah dapat ditebak.
inilah kondisi perkuliahan ketika beliau mengajar mata kuliah kapita selekta pendidikan di kelas spupe. pada darto ketika mengajar kurang memperhatikan para mahasiswa sehingga akibatnya ada yang asyik main laptop, ngobrol alias ngosip, bahkan ada yang tidur. saking sibuknya beliau (entah apa kesibukannya) dari jadwal yang sudah ditentukan hanya dua kali saja. padahal mata kuliah seperti masail fiqliyah,psikologi agama,pendidikan luar sekolah sudah selesai semuanya.

so… yang salah siapa y ??? mahasiswa atau prodi tarbiyah ataupun dosen yang bersangkutan….ehm.. klo hemat penulis sih…(bukan berarti mau menangkan mahasiswa) yang salah adalah prodi yang tidak menegaskan kebijakan selaku pejabat yang berwewenang dalam penentuan pengajar ataupun jadwal perkuliahan, akibatnya yang sasaran korbannya ujung-ujungnya adalah mahasiswa. apabila jadwal perkulihan harus selesai dalam jangka anggap saja 1 bulan, maka tidak ada lagi alasan bagi dosen yang bersangkutan untuk mengatakan sibuk, tidak sempat dan lain sebagainya.

klo seperti itu, apa kerjaan prodi, sehingga untuk menentukan jadwal perkuliahan sering SANGSOT….yang sebenarnya mata kuliah (masail fiqliyah,psikologi agama,pendidikan luar sekolah dan kapita selekta pendidikan) untuk semester 8 yang bersamaan dengan kegiatan sebelum KKL. kebijakan yang dibuat seringkali tidak berpihak pada mahasiswa.

sebenarnya kasus-kasus seperti ini sudah ada sejak perkuliah semester awal. seolah-olah kejadian ini tidak dijadikan bahan evalusi, bahkan makin SANGSOT…..

HIDUP MAHASISWA…….

Iklan

Komentar Dinonaktifkan pada Kuliah Sansot

Filed under All Daftar, Kapita Selekta Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah

Komentar ditutup.