RPP Pendidikan Agama Islam [SD]

MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SATUAN PENDIDIKAN : SEKOLAH DASAR
MATERI : SURAT AL – FIIL
KELAS/SEMESTER : V / 1
WAKTU : 2 X 40 MENIT (1 X PERTEMUAN)

KOMPETENSI DASAR :
Membaca, menulis dan menghafal surat-surat pendek pilihan

INDIKATOR :
Membaca, menulis dan menghafal surat Al – Fiil

TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Setelah mendengar bacaan guru, siswa dapat melafalkan kembali bacaan surat Al-Fiil ayat 1-5 dengan tartil.
2. Dengan melihat tulisan surat Al-Fiil di dalam buku ajar, siswa dapat menuliskan kembali surat Al-Fiil ayat 1 – 5 dengan baik dan benar menurut kaedah bahasa Arab.
3. Setelah membaca surat Al-Fiil secara berulang-ulang, siswa dapat menghafal surat Al-Fiil ayat 1 – 5 dengan baik dan benar.

MATERI POKOK

SKENARIO PEMBELAJARAN :

N0 KEGIATAN LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

AWAL
a. Guru menyiapkan kondisi siswa untuk siap belajar
b. Guru mengucap salam
c. Guru dan siswa membaca basmalah dan doa
d. Guru menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran
e. Guru memberikan pretest dengan mengajukan pertanyaan : – apakah arti al-fiil? Surat Al-Fiil diturunkan dimana? Surat Al-Fiil terdiri dari berapa ayat?
f. Motivasi awal

INTI
a. Guru menjelaskan muqaddimah dari Surat Al-Fiil (artinya, jumlah ayat, tempat turun dan asbabun nuzul)
b. Guru membaca surat al-Fiil ayat 1 – 5 dengan menggunakan strategi reading aloud. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1) Guru membaca surat al-fiil ayat 1 – 5 dengan lengkap dan siswa menyimak bacaan guru.
2) Guru membaca ayat per ayat dari surat al-fiil dan siswa mengikuti bacaan guru berulang-ulang secara klasikal
3) Guru membagi siswa dalam dua kelompok besar kemudian menyuruh siswa untuk membaca secara bergantian, per kelompok.
4) Guru menunjuk beberapa orang siswa untuk membaca secara berulang-ulang dan bergantian.
c. Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menghafal surat Al-Fiil ayat 1 – 5
d. Kemudian guru menyuruh siswa untuk menulis surat al-fiil ayat 1 – 5 di buku tulis masing-masing.
e. Guru mengecek hasil tulisan siswa dengan berkeliling ruangan kelas.
f. Jika siswa mengalami kesulitan, guru memberikan bantuan dengan mencontohkan cara penulisan yang benar.
g. Jika siswa tidak selesai menulis, maka guru memberikan pr menulis surat al-fiil

3

AKHIR
a. Guru dan siswa mengulang kembali bacaan surat Al-Fiil ayat 1 – 5 dengan bacaan yang baik dan benar.
b. Kemudian guru melakukan evaluasi dengan menyuruh siswa untuk menunjukkan hafalannya satu persatu di depan kelas.
c. Bagi siswa yang belum bisa menghafal dengan baik, maka guru memberikan tugas untuk menghafal di rumah
d. Guru memberikan motivasi pada siswa untuk mengulang-ulang bacaan/hapalan di rumah
e. Guru menutup pelajaran dengan membaca doa/hamdalah

STRATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Strategi : Interactive Lecturing, Reading Aloud
2. Metode : Ceramah, Tanya jawab, drill, resitasi

MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media : Chart
Sumber : Al-Quran dan buku ajar (Sebutkan nama pengarang, tahun terbit, Judul buku, kota terbit dan nama penerbit)
EVALUASI
1. Prosedur : a. Evaluasi Proses (untuk TP 1 dan 2)
b. Evaluasi Hasil
1) Pretest
2) Postest (TP 3)

2. Alat evaluasi : a. Lafalkan kembali bacaan surat Al-Fiil ayat 1-5 dengan tartil!
b. Tuliskan kembali surat Al-Fiil ayat 1 – 5 dengan baik dan benar menurut kaedah bahasa Arab!
c. Hafalkan surat Al-Fiil ayat 1 – 5 dengan baik dan benar!

Tinggalkan komentar

Filed under All Daftar, RPP

terima kasih atas kunjungannya...mudah-mudahan berbagai tulisan yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi pembaca. tak lupa agar silaturrahim pengunjung tetap berlanjut sudi kiranya pengunjung untuk memberikan pesan dan kesan setelah membaca tulisan yang ada di blog ini......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s