MEDIA KOMPUTER VARIASI LCD

oleh

steofandi fizari, dkk

A. PENGERTIAN KOMPUTER / LAPTOP, LCD

Komputer berasal dari bahasa latin “Computare” atau dalam bahasa inggris “to Compute” yang artinya menghitung.[1] Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.[2]

Pengertian Laptop (dikenal juga dengan istilah notebook/powerbook) adalah komputer portabel (kecil dan dapat dibawa ke mana-mana dengan mudah) yang terintegrasi pada sebuah casing. Laptop kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci bergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, keyboard yang terdapat pada Laptop juga dilengkapi dengan touchpad atau dikenal juga sebagai trackpad yang berfungsi sebagai penggerak kursor.[3]

Sedangkan LCD Proyektor disebut juga teknologi transmisive, yakni meneruskan cahaya. Sebab cahaya yang masuk pada LCD setelah melalui proses penyaringan menggunakan cermin Dichroic akan diteruskan secara langsung ke layar proyektor. Cermin Dichroic atau disebut juga Dichroic Mirror memisahkan warna menurut gelombangnya. Ada tiga warna dasar yang dihasilkan oleh cermin tersebut yaitu merah, biru, dan hijau. Ketiga warna ini dihasilkan dengan tiga cermin yang masing-masing menyaring warna berbeda.
Teknologi LCD sudah dianggap cukup stabil dan biaya panelnya pun cukup rendah, sehingga memungkinkan menggunakan tiga panel LCD (RGB) sekaligus dalam satu proyektor. Hal ini membuat gambar yang dihasilkan proyektor memiliki warna yang cukup bagus. Begitu pula halnya dengan cahaya yang sudah sangat baik.[4]

Jadi antara komputer, laptop, dan LCD merupakan bagian terpisah namun saling memberikan kontribusi dalam proses pembelajaran sehingga menjadi efektif.

B. KOMPONEN KOMPUTER

Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) sebagai berikut:[5]

Perangkat keras

  • Prosesor atau CPU sebagai unit yang mengolah data
  • Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
  • Hard drive, media penyimpanan semi permanen
  • Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet
  • Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer

Perangkat lunak

Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.

Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya.

C. KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Aplikasi komputer dalam bidang pembelajaran memungkinkan berlangsungnya proses belajar secara individual (individual learning). Pemakai komputer atau user dapat melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi. Perkembangan teknologi komputer jaringan (computer network/Internet) saat ini telah memungkinkan pemakainya melakukan interaksi dalam memperoleh pengetahuan dan informasi yang diinginkan. Berbagai bentuk interaksi pembelajaran dapat berlangsung dengan tersedianya medium komputer. Beberapa tujuan yang dapat dicapai dalam penggunaan media komputer sebagai berikut:

  1. Untuk Tujuan Kognitif

Komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan.

  1. Untuk Tujuan Psikomotor

Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games & simulasi sangat bagus digunakan untuk menciptakan kondisi dunia kerja. Beberapa contoh program antara lain; simulasi pendaratan pesawat, simulasi perang dalam medan yang paling berat dan sebagainya.

  1. Untuk Tujuan Afektif

Bila program didesain secara tepat dengan memberikan potongan klip suara atau video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap/afektif pun dapat dilakukan mengunakan media komputer.[6]

D. PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER VARIASI LCD

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat presentasi menggunakan media komputer variasi LCD,  yaitu:

  1. Pergunakan desain yang konsisten. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan slide master, sehingga layout, font, bulleting, dan animasi pergantian slide menjadi konsisten hingga akhir presentasi.
  2. Batasi jumlah baris dalam setiap slide. Jumlah baris dalam slide yang terlalu banyak menyebabkan slide tersebut menjadi terlalu penuh, sehingga teks menjadi kecil-kecil. Akibat yang lebih parah, siswa tidak akan mau mencerna informasi dalam slide tersebut. Sampaikan poin-poin pokok dalam setipa slide, kemudian andalah yang harus mengembangan dan membumbui ketika melakukan presentasi.
  3. Pergunakan warna teks dan latar belakang yang kontras sehingga keterbacaannya tinggi.
  4. Hindari penggunaan animasi dan sound effect yang glamor. Animasi dengan diiringi sound effect yang glamour justru menyebabkan presentasi tidak memberikan kesan baik kepada siswa
  5. Pertimbangkan untuk membuat tombol-tombol yang langsung menghantarkan pada slide tertentu, sehingga bisa melompat maju ataupun mundur tanpa harus melewati silde demi slide. Hal ini seringkali diperlukan.
  6. Satu gambar memberikan puluhan kali lipat informasi, oleh karena itu jika memungkinkan ditampilkan secara grafis akan lebih baik ditampilkan secara grafis, misalnya tabel, skema, dll.
  7. Jika terlalu sering teks saja yang ditampilkan, berikan gambar-gambar ilustrasi yang sesuai untuk membumbui presentasi anda.[7]

D. KELEBIHAN DAN KELEMAHAN MEDIA KOMPUTER

Heinich dkk. (1986) mengemukakan sejumlah kelebihan dan juga kelemahan yang ada pada medium komputer sebagaimana yang dikutip dalam (http://ictcommunity.multiply.com/journal/item/17/PEMANFAATAN_MEDIA_BERBASIS_ICT_TERHADAP_PEMBELAJARAN_DI_SEKOLAH) adalah sebagai berikut:

  • Kelebihan media Komputer:
  1. Komputer memungkinkan siswa belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya dalam memahami pengetahuan dan informasi yang ditayangkan.
  2. Penggunaan komputer dalam lembaga pendidikan jarak jauh memberikan keleluasaan terhadap siswa untuk menentukan kecepatan belajar dan memilih urutan kegiatan belajar sesuai dengan kebutuhan.
  3. Media komputer dapat menciptakan iklim belajar yang efektif bagi siswa  yang lambat (slow learner), tetapi juga dapat memacu efektivitas belajar bagi siswa yang lebih cepat (fast learner).
  4. Komputer dapat diprogram agar mampu memberikan umpan balik terhadap hasil belajar dan memberikan pengukuhan (reinforcement) terhadap prestasi belajar siswa. Dengan kemampuan komputer untuk merekam hasil belajar pemakainya (record keeping),
  5. Komputer juga dapat dirancang agar dapat memberikan preskripsi atau saran bagi siswa untuk melakukan kegiatan belajar tertentu. Kemampuan ini mengakibatkan komputer dapat dijadikan sebagai sarana untuk pembelajaran yang bersifat individual (individual learning).
  6. Media Komputer kemampuan dalam mengintegrasikan komponen warna, musik dan animasi grafik (graphic animation). Hal ini menyebabkan komputer mampu menyampaikan informasi dan pengetahu-an dengan tingkat realisme yang tinggi. Hal ini me-nyebabkan program komputer sering dijadikan sebagai sarana untuk melakukan kegiatan belajar yang bersifat simulasi.
  7. Komputer dalam proses belajar dapat meningkatkan hasil belajar dengan penggunaan waktu dan biaya yang relatif  kecil.
  • Kelemahan media komputer:
  1. Kelemahan pertama adalah tingginya biaya pengadaan dan pengembangan program komputer, terutama yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaran.
  2. Pengadaan, pemeliharaan, dan perawatan komputer yang meliputi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) memerlukan biaya yang relatif tinggi.
  3. compatability dan incompability antara hardware dan software. Penggunaan sebuah program komputer biasanya memerlukan perangkat keras dengan spesifikasi yang sesuai. Perangkat lunak sebuah komputer seringkali tidak dapat digunakan pada komputer yang spesifikasinya tidak sama.
  4. Memproduksi program komputer merupakan kegiatan intensif yang memerlukan waktu banyak dan juga keahlian khusus.

E. MICROSOFT POWERPOINT

Microsoft power point adalah suatu program yang digunakan untuk membuat slide atau presentasi. Program powerpoint 2007 merupakan penyempurnaan dari program powerpoint 2003 ataupun versi sebelumnya. Untuk menjalankan program powerpoint terlebih dahulu install softwarenya yakni salah satu program dari Microsoft office.

Adapun langkah-langkah membuat slide atau presentasi ke dalam program powerpoint adalah sebagai berikut:

  1. 1. Dari menu start pilih all program > Microsoft office > microsoft powerpoint

  1. Klik tulisan click to add title dan isikan dengan judul materi anda lalu klik tulisan click to add subtitle dan isikan sesesui keperluan anda dan seterusnya. Misalnya iman kepada hari kiamat
  1. Untuk menambah slide baru bisa tekan tombol (ctrl+M)
  2. Setelah selesai menuliskan materi apabila ingin menayangkan slide yang telah dibuat klik menu view/ slide show atau tekan F5 /
  1. Simpan slide klik file-save / save as di lokasi sesuai yang diinginkan kemudian klik save.

Demikianlah cara pembuatan slide atau presentasi menggunakan powerpoint secara umum dan praktis. Agar presentasi menjadi lebih menarik perlu juga ditambah seperti background, effect, picture, movie, sound, dan lain-lain.

  • Menampilkan background

Dalam MS powerpoint 2007 untuk menampilkan background pada slide dengan cara arahkan kusor ke layout > klik kanan > format background > maka akan tampil solid fill/gradient fill/picture or texture fill > close [perslide saja] / apply to all [setiap slide akan tampil background yang sama]

  • Membuat effect tulisan ataupun gerak gambar

Pilih animation > custom animation > arahkan pada bagian yang ingin dibuat effect > add effect > maka akan tampil [estrance-emphaisis-exit-motion path] pilih sesuai yang diinginkan

  • Menambahkan picture, movie dan sound

Pilih insert > klik gambar picture /  movie / sound atau pilih layout > klik klik gambar picture /  movie / sound

KESIMPULAN

Kehadiran sarana multimedia komputer, laptop, dan LCD Proyektor telah memberi warnater sendiri  pada proses pembelajaran ataupun pendidikan di kelas. Seorang gurru hendaknya berpandangan, multimedia sebagai sarana pokok dalam pembelajaran, eksistensi dan kehadirannya tetap diperlukan. Siswa sangat memerlukan arahan dan bimbingan guru. Sehebat apapun alat peraga yang paling canggih, peran guru tetap yang akan menentukan.

Pembelajaran diartikan sebagai proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Jadi dalam pembelajaran yang utama adalah bagaimana siswa belajar. Belajar dalam pengertian aktifitas mental siswa dalam berinteraksi dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan perilaku yang bersifat relatif konstan. Sehingga yang menjadi penting dalam aktifitas belajar adalah lingkungan.

Dengan demikian dalam kaitannya dengan komputer sebagai media pembelajaran maka seorang guru atau pendidik sebaiknya bisa menempatkan komputer ini sebagai media untuk menumbukan kreasi atau imajinasi siswa tersebut.

DAFTAR PUSTAKA

Daryanto. 2001. Pengenalaan dan Pengoperasian Komputer. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

MADCOM, Seri Panduan Lengkap Microsoft Office Power point 2003. Yogyakarta: Andi Offset.

http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer

http://ictcommunity.multiply.com/journal/item/17/PEMANFAATAN_MEDIA_BERBASIS_ICT_TERHADAP_PEMBELAJARAN_DI_SEKOLAH

http://y2n.staff.uns.ac.id/100/tips-membuat-presentasi-powerpoint-yang-profesional.html

http://nuritaputranti.wordpress.com/2007/08/23/komputer-sebagai-alat-bantu-pembelajaran/

http://wss-id.org/blogs/debby_ratnasari_sby/archive/2007/09/23/apa-y-laptop.aspx

http://www.pcmedia.co.id/detail.asp?id=795&Cid=22&cp=2&Eid=18


[1] Daryanto. 2001. Pengenalaan dan Pengoperasian Komputer. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya. Hal.2

[2] http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer

[3] http://wss-id.org/blogs/debby_ratnasari_sby/archive/2007/09/23/apa-ya-laptop.aspx

[4] http://www.pcmedia.co.id/detail.asp?id=795&Cid=22&cp=2&Eid=18

[5] http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer

[6] http://nuritaputranti.wordpress.com/2007/08/23/komputer-sebagai-alat-bantu-pembelajaran/

[7] http://y2n.staff.uns.ac.id/100/tips-membuat-presentasi-powerpoint-yang-profesional.html

4 Komentar

Filed under All Daftar, Media Pembelajaran

4 responses to “MEDIA KOMPUTER VARIASI LCD

  1. terimakasih banyak banyak sekalii atas infonya….
    sambil jalan ke blog orang ehhh ternyata infonya pada bagus…

  2. afnita

    assalamu’alaikum…
    jazakumullah…blognya ngbantu banget,ane lagi butuh artikel ini.

terima kasih atas kunjungannya...mudah-mudahan berbagai tulisan yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi pembaca. tak lupa agar silaturrahim pengunjung tetap berlanjut sudi kiranya pengunjung untuk memberikan pesan dan kesan setelah membaca tulisan yang ada di blog ini......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s