OUTLINE

A. Judul
“ UPAYA GURU MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADIST KELAS X DI MADRASAH ALIYAH MODEL SINGKAWANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010 ”

B. Latar Belakang Masalah
Dalam proses belajar mengajar motivasi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi aktifitas belajar. Proses belajar akan berjalan lancar apabila disertai dengan motivasi dari sekarang. Motivasi merupakan alat yang dapat membangkitkan semangat belajar siswa dalam rentan waktu tertentu.
M. Dalyono (1997) menyatakan bahwa motivasi adalah prasyarat utama dalam pembelajaran, tanpa itu hasil belajar yang dicapai tidak akan optimal, dan motivasi sendiri merupakan dorongan yang timbul dari dalam diri sendiri atau ditimbulkan oleh lingkungan sekitar. Sardiman (1996) memperkuat tentang pentingnya motivasi dengan menyatakan bahwa ada faktor-faktor psikologi dalam belajar yang menyebabkan pembelajaran akan berhasil baik, jika didukung oleh faktor-faktor psikologi dari peserta didik, salah satu faktor psikologi itu adalah motivasi. Hampir semua guru setuju akan pentingnya motivasi dalam proses belajar mengajar, karena dapat menimbulkan kemauan, dan memberikan semangat untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Karena itu, kenyataan di sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Singkawang, terlihat hal-hal bahwa guru kurang memberikan dorongan berupa motivasi kepada siswa untuk memahami materi-materi yang ada pada mata pelajaran Qur’an Hadis yang notabennya banyak mempelajari tentang ayat al-Qur’an dan Hadis bahkan juga terkandung tafsir dalam pembahasan tersebut.

C. Rumusan masalah
Berdasarkan paparan pada latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Bagaimanakah upaya guru meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadist kelas X di Madrasah Aliyah Model Singkawang tahun pelajaran 2009/2010 ”

D. Tujuan Penelitian
Berdasarkan atas perumusan masalah diatas tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadist kelas X di Madrasah Aliyah Model Singkawang tahun pelajaran 2009/2010.

E. Manfaat Penelitian
Manfaat secara praktis dari penelitian ini adalah:
1. Bagi siswa
a. Meningkatkan motivasi dan hasil belajar dalam proses pembelajaran Qur’an Hadits
b. Mendorong siwa untuk berperan aktif dalam pembelajaran Qur’an Hadits
c. Membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam menghapal karena materi Qur’an Hadist banyak berkaitan dengan ayat-ayat Al-Qur’an maupun Hadits Nabi

2. Bagi Guru
Membantu guru dalam pemilihan model pembelajaran yang sesuai sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih menarik minat siswa.
3. Bagi Peneliti,
Sebagai sarana untuk mempraktekkan teori-teori yang telah diperoleh selama di bangku kuliah dengan kenyataan sehari-hari.

Tinggalkan komentar

Filed under All Daftar, Metodologi Penelitian

terima kasih atas kunjungannya...mudah-mudahan berbagai tulisan yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi pembaca. tak lupa agar silaturrahim pengunjung tetap berlanjut sudi kiranya pengunjung untuk memberikan pesan dan kesan setelah membaca tulisan yang ada di blog ini......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s