KONSEP TENTANG MASALAH PENELITIAN

oleh:

Steofandi Fizari

A. Pengertian masalah penelitian

Menurut Notoatmodjo (2002) masalah penelitian secara umum dapat diartikan sebagi suatu kesenjangan (gap) antara yang seharusnya dengan apa yang terjadi tentang sesuatu hal, atau antara kenyataan yang ada atau terjadi dengan yang seharusnya ada atau terjadi serta antara harapan dan kenyataan.[1] Kemudian masalah adalah sesuatu “hal” atau kejadian yang membuat ‘langkah” kita terhenti untuk beberapa waktu dan harus diselesaikan untuk meneruskan “langkah” kita, jika kita tidak dapat menyelesaikannya amak kita punya tiga pilihan yaitu berhenti selamanya, berbalik arah atau mencari jalan yang lain.[2] Menurut Sugiyono (2009: 52) masalah diartikan sebagai penyimpangan antara yang seharusnya dengan apa yang benar-benar terjadi, antara teori dengan praktek, antara aturan dengan pelaksanaan, antara rencana dengan pelaksana.

Definisi lain tentang masalah atau pernyataan masalah (problem statement) pada dasarnya merupakan pernyataan yang mampu menggambarkan sesuatu yang ingin diketahui oleh peneliti, dan melalui penelitiannya dia akan memperoleh jawabannya.[3]

Sedangkan menurut Ahmad Guntar dalam (http://bloomlaboratory.com/definisi-masalah-dan-sasaran-dalam-pemecahan-masalah-problem-solving.html) menyebutkan beberapa pengertian masalah, sebagai  berikut:

1. Masalah adalah sebuah kesempatan untuk berkembang.

2. Masalah adalah perbedaan antara kondisi sekarang dan kondisi yg diharapkan.

3. Masalah adalah hasil dari kesadaran bahwa kondisi yg sekarang terjadi belumlah sempurna dan keyakinan bahwa masa depan bisa dibuat jadi lebih baik.

Jadi masalah penelitian adalah sesuatu hal atau kejadian yang dijadikan sebuah penelitian dengan mempertimbangkan beberapa hal dalam menentukan suatu masalah dalam penelitian sehingga memperoleh jawaban yang diinginkan.

B. Sumber dalam pencarian masalah penelitian

  1. Propesi

Bidang pekerjaan seseorang dapat menjadi sumber minat melakukan penelitian

  1. Spesialisasi

Keahlian khusus seseorang akan menyebabkan orang tersebut peka terhadap masalah yang berkaitan dengan keahliannya. Misalnya seorang guru, maka ia akan peka terhadapa masalah-masalah tentang pendidikan.

  1. Akdemis

Seseorang  yang telah mengalami program yang lebih tinggi, biasanya telah mendalami tentang satu disiplin ilmu pengetahuan. Dengan penguasaan ilmu ini, ia  akan lebih peka mengenali masalah dalam bidang keahliannya.

  1. Kebutuhan dan praktik kehidupan sehari-hari

Seseorang yang cenderung menaruh perhatian akan kebutuhan dan praktik kehidupan sehari-hari akan lebih peka terhadap masalah  yang muncul.

  1. Pengalaman lapangan

Seorang yang mempunyai banyak pengalaman lapangan akan menambah kepekaan terhadap masalah di bidangnya.

  1. Bahan bacaan atau kepustakaan

Membaca dapat meningkatkan pengetehuan dan kemampuan berpikir seseorang, sehingga wawasannya akan semakin luas dan semakin mampu menggunakan penalaran dan pola perpikir krtitisnya semakin berkembang. Akhirnya ia mampu untuk meningkatkan kepekaan terhadap suatu masalah.

C. Hal yang perlu diperhatikan dalam mencari masalah

Menurut Notoatmodjo (2002) mengungkapkan beberapa pertimbangan yang harus dilakukan peneliti dalam menentukan masalah, sebagai berikut:

  1. Masalah masih baru

Bahwa masalah tersebut belum pernah diungkap atau diteliti oleh orang lain dan topik itu masih hangat di masyarakat, sehingga tidak sia-sia usaha yang dilakukan.

  1. Aktual

Masalah yang diteliti itu benar-benar terjadi di masyarakat.

  1. Praktis

Hasil penelitian harus bermanfaat terhadap kegiatan praktis, bahkan suatu pemborosan atau penghamburan sumber tanpa manfaat praktis,  yang bermakna.

  1. Memadai

Bahwa masalah penelitian harus dibatasi ruang lingkupnya, tidak terlalu luas, tetapi juga tidak terlalu sempit.

  1. Sesuai dengan kemampuan peneliti

Seorang peneliti harus mempunyai kemampuan dalam bidan yang diteliti, agar hasil penelitiaannya dapat dipertanggungjawabkan dari segi ilmiah (akademis) maupun praktis.

  1. Sesuai dengan kebijakan pemerintah

Masalah-masalah yang bertentangan dengan kebijaksanaan pemerintah, UU atau adat istiadat sebaiknya tidak diteliti, karena akan banyak menemukan hambatan dalam pelaksanaan penelitinya nanti.

  1. Ada yang mendukung

Bahwa dalam penelitian memerlukan biaya, sehingga dari awal sudah dipertimbangkan dari mana asal biaya tersebut akan diperoleh.

  1. Jenis pertanyaan dalam menentukan masalah

Menurut john w. Creswell (2002:3) memaparkan beberapa bentuk pertanyaan yang sering diajukan dalam menentukan masalah penelitian, sebagai berikut:

  1. Apakah masalah tersebut dapat diteliti, mengingat waktu, sumber daya, dan data  yang ada?
  2. Adakah kepentingan pribadi dalam masalah tersebut untuk mendukung perhatian?
  3. Apakah hasil penelitian tersebut akan berguna bagi orang lain (di daerah tersebut atau di Negara)?
  4. Adakah kemungkinan masalah tersebut diterbitkan dalam suatu jurnal ilmiah (menarik dalam dunia akademis)
  5. Apakah penelitian tersebut (a) mengisi suatu kekosongan, (b) meniru, (c) memperluas, dan (d) mengembangkan ide-ide baru dalam literature ilmiah?

DAFTAR PUSTAKA

http://docs.google.com/gview?a=v&q=cache:oLfAHXSgULYJ:litbangstikesalirsyad.files.wordpress.com/2008/01/memilih-dan-merumuskan-masalah.pdf+pengertian+masalah+dalam+penelitian&hl=id&sig=AFQjCNEeRhKCm-k9ToUo8A0xcjfhMuikeQ

http://tech.groups.yahoo.com/group/fisika_indonesia/message/11413

http://74.125.153.132/search?q=cache:B1InJg5gn1EJ:usepmulyana.files.wordpress.com/2008/11/pemilihan-dan-definisi-masalah.doc+pengertian+masalah+dalam+penelitian&cd=8&hl=id&ct=clnk&client=firefox-a

http://bloomlaboratory.com/definisi-masalah-dan-sasaran-dalam-pemecahan-masalah-problem-solving.html

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: IKAPI.

W. Creswell, John. 2002. Research Design. Jakarta: KIK Press.


[1]http://docs.google.com/gview?a=v&q=cache:oLfAHXSgULYJ:litbangstikesalirsyad.files.wordpress.com/2008/01/memilih-dan-merumuskan-masalah.pdf+pengertian+masalah+dalam+penelitian&hl=id&sig=AFQjCNEeRhKCm-k9ToUo8A0xcjfhMuikeQ

[2] http://tech.groups.yahoo.com/group/fisika_indonesia/message/11413

[3]http://74.125.153.132/search?q=cache:B1InJg5gn1EJ:usepmulyana.files.wordpress.com/2008/11/pemilihan-dan-definisi-masalah.doc+pengertian+masalah+dalam+penelitian&cd=8&hl=id&ct=clnk&client=firefox-a

About these ads

Tinggalkan komentar

Filed under All Daftar, Metodologi Penelitian

terima kasih atas kunjungannya...mudah-mudahan berbagai tulisan yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi pembaca. tak lupa agar silaturrahim pengunjung tetap berlanjut sudi kiranya pengunjung untuk memberikan pesan dan kesan setelah membaca tulisan yang ada di blog ini......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s