SISTEM PENDIDIKAN ISLAM

oleh steofandi fizari

A. PENGERTIAN SISTEM

Menurut kamus Bahasa Indonesia sistem adalah “seperangkat unsur yang secara teratur yang saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas, susunan yang teratur dari pandangan teori, asas dan lain-lain”

Sistem adalah suatu keseluruhan yang bulat yang sendiri atau bekerja bersama-sama untuk mencapai hasil atau tujuan yang diiginkan berdasarkan kebutuhan. Sistem bisa diartikan pula dengan metode, dimana komponen sistem ini seperti, tujuan, pendidik (guru), anak didik, kurikulum, sarana dan lingkungan.

Adapun unsur pendidikan itu seperti “asas pendidikan, tujuan pendidikan, materi pendidikan, subjek pendidikan, objek pendidikan, metode pendidikan, media pendidikan, evaluasi pendidikan, dan lingkungan pendidikan.”

Jadi Sistem pendidikan islam adalah satu rangkaian pemikiran dalam bidang pendidikan berunsur islam yang terorganisasi atau sistem pendidikan islam dapat disebut juga sebagai sekelompok dari unsur-unsur pendidikan islam yang saling berkaitan dan bekerja bersama-sama.

Dalam hal ini ada terdapat tiga macam sistem pendidikan:

  • · Pendekatan
  • · Orientasi
  • · Model-model

1. Sistem Pendekatan

sistem pendekatan adalah suatu proses untuk mengindentifikasi kebutuhan-kebutuhan, menyeleksi problem, menemukan persyaratan-persyaratan untuk memecahkan problem yang ada.

Dalam pandangan tentang sistem pendidikan islam dengan sistem pendekatan pendidikan islam itu berorientasi pada realitas kehidupan manusia dimana orentasi kehidupan manusia itu adalah seperti adanya kebutuhan rohaniah dan jasmaniah.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut islam mewajibkan umatnya untuk menuntut ilmu pengetahuan yang berlangsung sepanjang hayat. Adapun ilmu pengetahuan yang dipelajari manusia tanpa batas, artinya bahwa Allah SWT itu menghendaki hamba-Nya agar respon terhadap gejala (fenomena) jagat raya ini.

2. Orientasi

Orientasi adalah suatu penetapan atau perasan tentang posisi seseorang dalam kaitannya dengan lingkungan atau dengan orang tertentu atau sesuatu yang khusus atau lapangan pengetahuan.

Ada pun orientasi pendidikan islam itu sendiri bahwa islam lebih mementingkan hidup masa depan yang bernilai duniawi-ukhrawi. Sebagaimana dalam firman Allah SWT berikut ini:

Artinya: hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri manusia memperhatikan hal-hal yang diperbuatnya untuk hari esok akhirat) bertakwalah kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan (Q.S. Al-Hasyr: 18).

Ayat di atas memberikan indikasi kepada kita bahwa pendidikan islam itu adalah adanya keseimbangan antara ilmu dunia dan akhirat. Sehingga ketika seseorang melakukan perbuatan yang dilarang maka ia mempertimbangkannya kembali. Sebab jika melakukan perbuatan itu, berarti ia telah merusak kehidupan masa depannya.

Ada tiga sumber pokok orientasi pendidikan islam, antara lain:

a. Orientasi pengembangan kepada Allah Yanga Maha Mengetahui, yang menjadi sumbernya segala sumber ilmu pengetahuan.

b. Orientasi pengembangan ke arah kehidupan sosial manusia, di mana hubungan antar manusia semakin kompleks dan luas ruang lingkupnya akibat pengaruh kemajuan ilmu dan teknologi modern yang maju pesat.

c. Orientasi pengembangan ke arah alam sekitar yang diciptakan Allh untuk kepentingan hidup umat manusia, mengandung macam kekayaan alam yang harus digali, dikelola dan dimanfaatkan oleh manusia bagi kesejahteraan hidupnya di dunia untuk mencapai kebahagiaan hidup di akhirat.

  1. Model-model

Model-model adalah penerimaan secara abstrak dari fenomena. berbagai model dalam berpikir ini memberikan ruang yang cukup luas bagi pendidikan islam. Bahwa dalam islam itu sendiri telah memberikan kebebasan dalam berkarya, namun dari situ ada batasan-batasan yang haraus diperhatikan, seperti tidak melanggar ketentuan syara’.

Dengan hal ini sistem model pendidikan islam adalah sebagaimana nasihat sahabat Nabi, Ali Bin Abi Thalib ra.

Artinya: “ ajarilah anak-anakmu (dengan pengetahuan) yang bukan seperti kamu pelajari, karena mereka diciptakan untuk generasi zaman yang berbeda dengan zamanmu”

Jadi nasihat tersebut memberikan pengertian kepada kita, ketika kita mengajar seorang anak mereka didik untuk menghadapi kehidupan yang akan datang, artinya model dalam pengajaran / mendidik itu penting sebab bisa memberikan efek anak didiknya ketika ia mempersiapkan masa depannya yang lebih baik.

KESIMPULAN

Dalam sebuah pendidikan sistem sangat diperlukan guna mencapai tujuan. Sistem dapat pula diartikan dengan metode, dalam hal ini sistem pendidikan islam banyak sekali. Oleh karena itu dengan adanya sistem yang benar diharapkan mampu menciptakan output yang berkualitas. Sistem ini mencakup berbagai unsur-unsur pedidikan. Unsur-unsur pendidikan tersebut antara lain adalah asas pendidikan, tujuan pendidikan, materi pendidikan, subjek pendidikan, objek pendidikan, metode pendidikan, media pendidikan, evaluasi pendidikan, dan lingkungan pendidikan. Untuk menjalankan sistem pendidikan yang baik dan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan maka unsur-unsur pendidikan yang tersebut di atas harus dapat saling berkaitan dan bekerja bersama

Adapun sistem pendidikan islam adalah orientasinya duniawi-ukhrawi yang termaktub dalam surah Al-Hasyr: 18. oleh karena itu untuk menghasilkan anak didik yang berkualitas adanya keseimbangan sistem yang ada guna mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan yakni menjadi hamba yang taat.

DAFTAR PUSTAKA

Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam. Ciputat: PT Intermasa.

Uhbiyati, Nur. 1999. Ilmu Pendidikan Islam (IPI). Bandung: Pustaka Setia.

http://greensmg.blogspot.com/2008/03/sistem-pendidikan-islam.html

Nur Uhbiiyati. Ilmu pendidikan islam (IPI) hal 154 :1999

Armai Arief, pengantar ilmu dan metodologi pendidikan islam. hal 70: 2002

http://greensmg.blogspot.com/2008/03/sistem-pendidikan-islam.html

Nur Uhbiyati. Ilmu pendidikan islam (IPI) hal 154-156 :1999

ibid

Nur Uhbiyati. Ilmu pendidikan islam (IPI), hal 162-163: 1999

About these ads

Tinggalkan komentar

Filed under All Daftar

terima kasih atas kunjungannya...mudah-mudahan berbagai tulisan yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi pembaca. tak lupa agar silaturrahim pengunjung tetap berlanjut sudi kiranya pengunjung untuk memberikan pesan dan kesan setelah membaca tulisan yang ada di blog ini......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s